Share : 

Fast_Response_Strategy

Share : 

Strategi fast respons chat adalah strategi yang harus diterapkan pada pelayanan konsumen karena kecepatan dalam merespons pertanyaan atau keluhan konsumen dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka. Strategi fast respons menunjukkan komitmen Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

Dalam dunia customer service, kini fast respons chat menjadi suatu kewajiban bagi pemilik bisnis untuk diterapkan sehingga customer merasakan pengalaman terbaik. Hal ini sejalan dengan survei dari Freshwork yang menunjukkan bahwa 80% dari populasi survei, mengatakan bahwa mereka menginginkan respons yang lebih cepat dari sebuah bisnis. Freshwork Bayangkan skenario ini: Anda membutuhkan sebuah barang secara cepat, Anda menghubungi toko yang menjualnya dan menanyakan apakah barang tersebut dapat dikirim segera. Namun, toko tersebut tidak kunjung membalas sehingga Anda memutuskan untuk membeli di toko lain yang langsung merespons bahwa mereka bisa mengirim barang tersebut saat itu juga.

Bayangkan skenario ini: Anda membutuhkan sebuah barang secara cepat, Anda menghubungi toko yang menjualnya dan menanyakan apakah barang tersebut dapat dikirim segera. Namun, toko tersebut tidak kunjung membalas sehingga Anda memutuskan untuk membeli di toko lain yang langsung merespons bahwa mereka bisa mengirim barang tersebut saat itu juga.

Mungkin analogi sederhana tersebut dapat menjadi bayangan mengapa strategi fast respons chat harus segera diaplikasikan pada bisnis Anda.

Cara Meningkatkan Kecepatan Balasan

Berikut merupakan cara-cara untuk meningkatkan kecepatan dalam membalas pesan dari konsumen dengan strategi fast respons chat.

  1. Pertama, buat template jawaban untuk membalas konsumen untuk disimpan pada knowledge base. Hal ini dapat diterapkan jika konteks pertanyaan yang diajukan konsumen adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ).
  2. Gunakan bantuan live chat yang dilengkapi oleh chatbot AI seperti yang ditawarkan oleh Sandeza Intelligent. Dengan kombinasi antara live chat dan chatbot AI milik Sandeza Intelligent, maka pesan yang masuk dari konsumen akan dijawab dengan waktu yang cepat dan akurat.
  3. Tetapkan skala prioritas untuk menentukan konsumen mana yang diutamakan untuk dibalas dengan cepat. Misalnya konsumen yang lebih potensial sebagai lead atau pun memiliki masalah yang harus diselesaikan dengan segera.

Manfaat Penerapan Strategi Fast respons Chat bagi Bisnis Anda

Inilah beberapa keuntungan atau manfaat jika bisnis Anda menerapkan strategi fast respons chat dalam membalas pesan konsumen.

  1. Meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan tanggapan cepat dan relevan terhadap pertanyaan atau masalah mereka. Menurut survei yang dilakukan Comm100, 71% dari populasi setuju bahwa fast respons dapat membuat customer experience jauh lebih baik. Comm100, 71% of the population agrees that fast response can make the customer experience much better.
  2. Mempercepat proses penjualan dengan memberikan informasi produk atau layanan secara instan kepada calon konsumen.
  3. Membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen melalui interaksi yang efisien dan responsif.
  4. Meningkatkan loyalitas konsumen dan meningkatkan customer retention rate.

Bagaimana Sandeza Membantu Anda Agar Lebih Responsif?

Perpaduan teknologi antara Chatbot AI dan Live Chat dari Sandeza tentu akan meningkatkan responsivitas dan performa Anda. Chatbot AI Sandeza dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat general dan menggunakan template, mencatat pesanan, mengatur jadwal temu, hingga memberikan informasi tentang produk. Chatbot AI Sandeza dapat dimanfaatkan karena tersedia 24/7, hal ini akan membantu para agent yang sedang dalam keadaan istirahat, izin atau cuti, serta sedang menangani percakapan dari konsumen lainnya serta tentu saja akan meningkatkan performa responsifitas di mata konsumen. Chatbot AI Sandeza memiliki kemudahan untuk mengatur topik percakapan yang dapat disesuaikan dengan mudah sehingga percakapan dengan pelanggan akan lebih terukur dan terarah.

Sedangkan Live Chat atau Live Agent dapat dimanfaatkan untuk percakapan yang lebih mendalam dengan konsumen seperti menangani masalah atau keluhan. Live Chat digunakan ketika Chatbot sudah tidak mampu lagi menjawab pertanyaan dari konsumen, maka Chatbot akan melemparkan pilihan untuk berbicara bersama agent atau tidak. Live Chat Sandeza dilengkapi dengan keunggulan yang dapat menampung banyak agent dan juga dapat digunakan dari berbagai platform komunikasi.

Implementasikan Strategi Fast respons Chat bersama Sandeza Intelligent

Menerapkan strategi fast respons chat sudah menjadi kebutuhan utama bagi pemilik bisnis. Hal ini dikarenakan pelayanan yang cepat telah menjadi salah satu penilaian penting bagi seseorang untuk memutuskan tindakan pembelian.

Sandeza Intelligent menawarkan solusi untuk membantu Anda menerapkan strategi fast respons chat melalui produk-produk unggulan seperti Live Chat dan Chatbot AI. Dengan Sandeza Intelligent semua kebutuhan konsumen dapat terakomodasi dengan baik. Konsultasikan kebutuhan Chatbot dan Live Chat Anda bersama kami di sini. here.

Share:

Artikel Terbaru

Subscribe to get the latest information

Untuk mendapatkan notifikasi update
seputar Sprint Asia Business Insight
di email Anda.